| Subcribe via RSS

Browse > Home / / Blog Article: PERKARA-PERKARA YANG MERUSAK PUASA

PERKARA-PERKARA YANG MERUSAK PUASA

Sabtu, 14 Agustus 2010 | Posted in

pembatal puasa
Banyak perbuatan yang harus dijauhi oleh orang yang puasa, karena kalau perbuatan ini dilakukan pada siang hari bulan Ramadhan akan merusak puasanya dan akan berlipat dosanya. Perkara-perkara tersebut adalah:
1.      Makan dan Minum Dengan Sengaja
Alloh Ta’ala berfirman :
وكلوا واشربوا حتى يتـبين لكم الخيط الأ بيض من الخيط الأسود من الفجر ثم أتموا الصيام إلى اليل
“Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu samapi (datang) malam.” (QS. Al Baqarah:187)
Di fahami bahwa puasa itu (mencegah) dari makan dan minum, jika makan dan minum berarti telah berbuka, kemudian dikhususkan kalau sengaja, karena jika orang yang puasa melakukannya karena lupa, salah atau dipaksa, maka tidak membatalkan puasanya. Masalah ini berdasarkan dalil-dalil:
Rasulullah bersabda:
إذانسي فأ كل وشرب فلـيتم صومه فإ نما أطعمه الله وسقاه
Jika lupa hingga makan dan minum, hendaklah menyempurnakan puasanya, karena sesungguhnya Alloh yang memberinya makan dan minum.” (1)
Rasulullah bersabda:
إن الله وضع عن أمتي الخطأ والنـسيان ومااستكر هوا عليه
“Alloh meletakkan (tidak menghukum) umatku karena salah atau lupa dan karena dipaksa.” (2)


2.      Muntah Dengan Sengaja
Karena barangsiapa yang muntah karena terpaksa tidak membatalkan puasanya. Rasulullah bersabda:
من ذرعه القيء فليس عليه قضاء ومن استقاء فليقض
“Barangsiapa yang terpaksa muntah, maka tidak wajib baginya untuk mengqadha puasanya, dan barangsiapa muntah dengan sengaja, maka wajib baginya mengqadha puasanya.” (3)
3.      Haidh Dan Nifas
Jika seorang wanita haidh atau nifas, pada satu bagian siang, baik di awal ataupun di akhirnya, maka mereka harus berbuka dan mengqadha kalau puasa tidak mencukupinya. Rasulullah bersabda:
“Bukankah jika haidh dia tidak shalat dan puasa?” Kami katakana:”Ya”, Beliau berkata:”Itulah (bukti) kurang agamanya.” (4)
Dalam riwayat lain:
“Berdiam beberapa malam dan berbuka di bulan Ramadhan, ini adalah (bukti) kurang agamanya.”
Perintah mengqadha puasa terdapat dalam riwayat Mu’adzah, dia berkata:
“Aku pernah bertanya kepada Aisyah:’Mengapa orang haidh mengqadha puasa tetapi tidak mengqadha shalat?’ Aisyah berkata:’Apakah engkau wanita Haruri’ (5) AKu menjawa:’Aku bukan Haruri, tapi hanya (sekedar) bertanya.’ Aisyah berkata:’Kamipun haidh ketika puasa, tetapi kami hanya diperintahkan untuk mengqadha puasa, tidak diperintahkan mengqadha shalat.’” (6)
4.      Suntikan Yang Mengandung Makanan
Yaitu menyalurkan zat makanan ke perut dengan maksud memberi makanan bagi orang sakit. Suntikan seperti ini membatalkan puasa, karena memasukkan makanan kepada orang yang puasa. (7) Adapun jika suntikan tersebut tidak sampai kepada perut tetapi hanya ke darah, maka itupun juga membatalkan puasa, karena cairan tersebut kedudukannya menggantikan kedudukan makanan dan minuman. Kebanyakan orang yang pingsan dalam jangka waktu yang lama diberikan makanan dengan cara seperti ini, seperti jauluz dan salayin, demikian pula yang dipakai oleh sebagian orang yang sakit asma, inipun membatalkan puasa.
5.      Jima’
Imam Syaukani berkata (Durarul Mudhiyah 2/22): “Jima dengan sengaja, tidak ada ikhtilaf (perbedaan pendapat) padanya bahwa hal tersebut membatalkan puasa, adapun jika jima tersebut terjadi karena lupa, maka sebagian ahli ilmu menganggapnya sama dengan orang yang makan dan minum dengan tidak sengaja.”
Ibnul Qoyyim berkata (Zadul Ma’ad 2/66): “Al Qur’an menunjukkan bahwa jima membatalkan puasa seperti makan dan minum, tidak ada perbedaan pendapat akan hal ini.”
Dalilnya adalah firman Alloh Ta’ala (artinya):
“Sekarang pergaulilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Alloh untuk kalian.” (QS. Al Baqarah:187)
Di ijinkannya bergaul (dengan isterinya) di malam hari, (maka bisa) di pahami dari sini bahwa puasa itu dari makan, minum dan jima. Barangsiapa yang merusak puasanya dengan jima harus mengqadha dan membayar kafarat, dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah (dia berkata):
“Pernah datang seseorang kepada Rasulullah Shalallahu’alaihi wassalam kemudian ia berkata,’Ya Rasulullah binasalah aku!’ Rasulullah bertanya,’Apa yang membuatmu binasa?’ Orang itu menjawab,’Aku menjima’i istriku di bulan Ramadhan.’ Rasulullah bersabda,’Apakah kamu mampu memerdekakan seorang budak?’ Orang itu menjawab,’Tidak’. Rasulullah bersabda,’Apakah engkau mampu memberi makan enam puluh orang miskin?’ Orang itu menjawab,’Tidak’ Rasulullah bersabda,’Duduklah.’ Diapun duduk.’ Kemudian ada yang mengirim satu wadah kurma kepada Nabi. Rasulullah bersabda,’Bersedekahlah’ Orang itu berkata,’Tidak ada di antara dua kampung ini keluarga yang lebih miskin dari kami.’ Rasulullah pun tertawa hingga terlihat gigi serinya, lalu beliau bersabda,’Ambillah, berilah makan keluargamu.’” (8)

Footnote:
1.      HR. Bukhari (4/135) dan Muslim (1155)
2.      HR. Thahawi dalam Syarhu Ma’anil Atsar (2/56), Al Hakim (2/198), Ibnu Hazm dalam AL Ihkam (5/149), Ad Daruquthni (4/171) dari dua jalan, yaitu dari Al Auzai dari Atha’ bin Abi Rabah dari Ubaid bin Umair, dari Ibnu Abbas. Sanadnya shahih.
3.      HR. Abu dawud (2/310), Tirmidzi (3/79), Ibnu Majah (1/536), Ahmad (2/498) dari jalan Hisyam bin Hasan, dari Muhammad bin Sirin, dari Abu Hurairah, sanadnya shahih sebagaimana yang diucapkan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Haqiqatus Shiyam hlm 14.
4.      HR. Muslim (79) dan (80) dari Ibnu Umar dan Abu Hurairah
5.      Al Haruri nisbat kepada Harura (yaitu) negeri yang jaraknya 2 mil dari Kuffah, orang yang beraqidah khawarij disebut Haruri karena kelompok pertama dari mereka yang memberontak kepada Ali di negeri tersebut, hingga dinisbatkan di sana. Demikian dikatakan oleh Al Hafidz dalam Fathul Bari (4/424), dan lihat Al Lubab (1/359) karya Ibnu Atsir.
Mereka orang-orang Haruriyah mewajibkan wanita-wanita yang telah suci dari haidh untuk mengqadha shalat yang terluput semasa haidhnya. Aisyah khawatir Mu’adzah menerima pertanyaan dari khawarij, yang mempunyai kebiasaan menentang sunnah dengan pikiran mereka, orang-orang seperti mereka zaman ini banyak. Lihat pasal At Tautsiq’anillah wa rasulihi dari risalah Dirasat manhajiyat fil Aqidah As Salafiyah karya Alim Al Hilaly
  1. HR. Bukhari (4/429) dan Muslim (335)
  2. Lihat Haqiqatus Shiyam hlm 15, karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah
  3. Hadits shahih dengan berbagai lafadz yang berbeda dari Bukhari (11/516), Muslim (1111), Tirmidzi (724), Baghawi (6/288), Abu Dawud (2390), Ad Darimi (2/11), Ibnu Majah (1671), Ibnu Abi Syaibah (2/183-184), Ibnu Khuzaimah (3/216), Ibnul Jarud (139), Syaifi’i (199), Malik (1/297), Abdur Razak (4/196), sebagian memursalkan, sebagian riwayat mereka ada tambahan: “Qadhalah satu hari  sebagai gantinya.” Di Shahihkan oleh Al hafidz dalam Fathul bari (11/516), memang demikian.

Dinukil dari Kitab, “Sifat Puasa Nabi”,Syaikh Salim bin Ied Al Hilaly dan Syaikh Ali Hasan Abdul Hamid, Penerbit Al Mubarok.1425H


0 Responses to "PERKARA-PERKARA YANG MERUSAK PUASA"

Leave a Reply