| Subcribe via RSS

Browse > Home / / Blog Article: Fulan Hizbi, Fulan Salafy. Masalah ini Ijtihadi atau Bukan?

Fulan Hizbi, Fulan Salafy. Masalah ini Ijtihadi atau Bukan?

Jumat, 18 Januari 2013 | Posted in


بسم الله الرحمن الرحيم

 oleh: Syaikh Muhammad bin Abdulwahhab Al Wushabi -hafidzahullah-

Apabila (ia) berselisih dengan seseorang dalam perkara ijtihadiyah seperti misalnya: Asy-Syaikh Abdurahman Al ‘Adani hizbi atau bukan?! Dia bilang orang ini hizbi! Dan syaikh-syaikh Ahlussunnah wal Jama’ah selain dia mengatakan: Bahkan beliau sunni dan bukan hizbi.

Lihatlah apa yang ia lakukan kepada syaikh-syaikh tersebut (yang menyelisihinya –pentj), ia membid’ah-bid’ahkan, mencap mereka sesat, fasik, memutus hubungan (qaathi’), memboikot (mereka) dan menyuruh murid-muridnya memboikot (mereka) dan membuat tulisan-tulisan dan kaset-kaset yang banyak (yang membelanya –pentj)

Kami katakan kepadanya: Wahai Anda, ini perkara ijtihadiyah bukan nashshiyyah (ada nash nya), tidak ada wahyu turun ke kita fulan hizbi! Anda berijtihad begini –diatas baik sangka- bahwa Anda mengatakan ini atas dasar ijtihad, kalau bukan karena hawa nafsu. Anggap, bahwa Anda berijtihad dan selain Anda berijtihad dan mengatakan: Dia bukan hizbi. Perkara-perkara ijtihadiyah tidak boleh menyesat-nyesatkan disini, (tidak boleh) membid’ah-bid’ahkan, menghizbikan, mencap fasik, penjahat, (yakni) bahwa mereka (syaikh-syaikh yang menyelisihimu –pentj) sebagai orang-orang fasik, membuat makar, pengkhianat…

Perkaranya ijtihadiyah, buka cakrawalamu. Orang ini telah membuat syari’at, ini adalah bid’ah yang buruk, yaitu memboikot, memutus hubungan, menjauh, tidak mengucapkan salam, tidak mau berbicara, meskipun bertahun-tahun, karena perkara ijtihadiyah.


Wajib baginya bertaubat kepada Allah Azza wa Jalla dari bid’ah ini, bid’ah yang merupakan bid’ah yang sesat dan termasuk dari dosa-dosa besar bahwa dia menyesat-nyesatkan meskipun yang melakukan ini ulama, meskipun yang melakukan salafus-shalih atau imam-imam yang empat. Tidak lagi tersisa kasih-sayang diantara muslimin. Yang satu berpandangan ini, yang lain berpandangan sebaliknya (langsung) diputus (hubungannya) dan diboikot. Tidak tersisa kasih-sayang antara dua orang. Oleh karena itu kami katakan, bahwa ini bid’ah

Dan juga termasuk bid’ah yang ia lakukan: memaksa (ilzam) orang lain untuk taqlid kepadanya! Orang yang tidak berpendapat seperti dia dalam perkara ini diboikot, diusir, dicap “orang sakit”!! Takutlah kepada Allah, tidak boleh mengilzam (mengharuskan) orang lain taqlid kepadamu! Anda bukan nabi, bukan malaikat yang ma’shum! Tidak ada wahyu turun padamu! Ada manusia (biasa). Perbuatanmu mengilzam orang lain mengikutimu (taqlid) (dengan mengatakan –pentj): Apa sikap (mauqif) kamu? Dan kamu wahai fulan, apa mauqif kamu? Yakni apabila orang ini tidak berpendapat seperti pendapatnya maka kamu terusir, diboikot, (dikatakan) kamu “orang sakit”. (Perbuatan seperti) ini termasuk mengharuskan (ilzam) orang lain untuk taqlid!

Dan kamu tahu sikap Asy-Syaikh Muqbil Rahimahullah bahwa dahulu beliau mentahdzir (memperingatkan) dari mentaqlid dirinya. Sedangkan Anda mengilzam orang lain mengikutimu (taqlid) sampai-sampaik kamu ingin mengilzam syaikh-syaikh apabila mereka tidak berpendapat seperti pendapatmu!

Ini adalah bid’ah di dalam beragama: yaitu mengilzam, mengilzam orang lain untuk taqlid.

Dan juga (termasuk bid’ah –pentj): memboikot (orang lain) diatas dasar perkara ijtihadiyah.

Maka ia dua macam bid’ah disisi bid’ah-bid’ah lainnya.

إذا اختلف مع شخص في مسألةٍ اجتهاديّةٍ في مثل مثلاً الشّيخ:عبد الرّحمن العدني هل هُو حزبيّ أم لا؟هُو يقول بأنّه حزبيّوبقيّة المشايخ من أهل السُّنّة والجماعة قالوا: بل هُو سُنِّي وليس بِحِزْبي، فانظُروا ماذا فعل مع المشايخ بدّع وضلّل وفسّق وقاطع وهَجَر وأمر طُلاّبه بالهجر وأنزلُوا الملازِمَ الكثيرة والأشرطة الكثيرة؛
نقول له: يا هذا هذه مسألة اجتهاديّة ما هي نصيّة ما في وحي ينزل لنا فُلان حزبِيأنتَ اجتهدتَّ هذا إذا أُحْسِن بك الظّنّ أنّك قُلت هذا عن اجتهادٍإن لم تُكن قُلتَه عن هوىلِنفرض أنّك اجتهدتَّ وغيرُك اجتهد قال: ما هُو حزبي، المسائل الاجتهاديّة ما يجوز التّضليل فيها والتّبديع والتّحزيب والتّفسيق والتّفجير أنّهُم فَجَرَة أنّهُم فَسَقَة وأنّهُم مَكَرة وأنّهُم خونة..مسألة اجتهاديّة وسِّع بالَك، فهُو شرّع هذه البدعة الخبيثةالهجر والمُقاطعة والمُدابرة وعدم السّلام والكلام ولو كان لِسنين طويلة من أجل مسألة اجتهاديّة!
عليهِ أن يتُوبَ إلى الله عزّ وجلّ من هذه البِدعة التي هِي بدعة ضلالة وتُعتَبر من الكبائر أنّه ضلّل؛ لو فَعَل هذا العُلماءلو فعل هذا السّلف الصّالحلو فعل هذا الأئمّة الأربعة ما بَقِيَ مودّة بين مُسْلِمَيْن؛ هذا يرى كذا وهذا يرى خلاف ذلك ومُقاطعة ومُهاجرة؛ لم تبقى مودّة بين اثنينلهذا قُلنا: بأنّها بدعة.
وأيضًا من البدع التي ارتكبها: إلزامه للآخرين بتقليدهالذي لا يقُول بقوله في هذه المسألة فهُو مهجور ومطرود وهُو مريض!! اتّق الله ما يجُوز أن تُلزِم النّاس بتقليدكأنتَ ماك نبِيّ!ولا أنتَ مَلَك معصومولا يُوحَى إليكأنتَ بَشر، إلزامُك للنّاس بتقليدك وإيش موقفك؟وأنتَ يا فُلان ما موقفك؟يعني: إذا لم تقُل بقوله وإلاّ فأنتَ مطرود ومهجُور وأنتَ مريض!هذا فيه إلزام للنّاس بالتّقليد!
وأنتَ تعرف موقف الشّيخ مُقبل –رحمةُ اللهِ عليهِ- أنّه كان يُحذِّر من التّقليد من تقليده، وأنتَ تُلزِم النّاس بتقليدك حتّى تُريد أن تُُلزِم المشايخ إذا لم يقولوا بِقَوْلِكفهذه بدعةٌ في الدِّين: الإلزام؛ إلزام النّاس بالتّقليد، وأيضًا: الهجر على مسائل اجتهاديّة. فهاتانِ بدعتان من بِدعٍ كثيرة!!

Diambil dari catatan ustadz Ja'far Salih

0 Responses to "Fulan Hizbi, Fulan Salafy. Masalah ini Ijtihadi atau Bukan?"

Leave a Reply